Saturday 11 November 2017

Apa Itu Sampah...????

Apa itu Koprasi  Sampah? Dan apa manfaatnya?

APA ITU KOPRASI SAMPAH?
Koprasi Sampah merupakan konsep pengumpulan sampah kering dan dipilah serta memiliki manajemen layaknya koprasi tapi yang ditabung bukan uang melainkan sampah. Warga yang menabung yang juga disebut nasabah memiliki buku tabungan dan dapat meminjam uang yang nantinya dikembalikan dengan sampah seharga uang yang dipinjam.Sampah yang ditabung ditimbang dan dihargai dengan sejumlah uang nantinya akan dijual.



TUJUAN DAN MANFAAT KOPRASI SAMPAH. 

Koprasi sampah adalah strategi untuk membangun kepedulian masyarakat agar dapat  sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan dan ‘berkawan’ dengan sampah untuk mendapatkan manfaat ekonomi langsung dari sampah. Jadi, koprasi sampah tidak dapat berdiri sendiri melainkan harus diintegrasikan dengan gerakan 4R sehingga manfaat langsung yang dirasakan tidak hanya ekonomi, namun pembangunan lingkungan yang bersih, hijau dan sehat.

Koprasi sampah juga dapat dijadikan solusi untuk mencapai pemukiman yang bersih dan nyaman bagi warganya. Dengan pola ini maka warga selain menjadi disiplin dalam mengelola sampah juga mendapatkan tambahan pemasukan dari sampah-sampah yang mereka kumpulkan. Tampaknya pemikiran seperti itu pula yang ditangkap oleh Karang Taruna Desa Jatiarjo. Sudah Enam Bulan lalu ketua karang taruna Mas Purnomo menggagas mendirikan koprasi Sampah untuk desa jatiarjo yang berpusat di dusun tegal kiodul untuk tempatnya. dan  mengatakan sampah sudah menjadi ancaman yang serius, bila tidak dikelola dengan baik. Bukan tidak mungkin beberapa tahun mendatang sekitar 250 juta Masyarakat Jatiarjo akan hidup bersama tumpukan sampah di lingkungannya.


BAGAIMANAKAH PROSES DAN CARA KERJANYA?  
Sama seperti di Koperasi pada Umumnya untuk penyimpanan uang, para nasabah dalam hal ini masyarakat bisa langsung datang ke koprasi sampah untuk menyetor. Bukan uang yang di setor, namun sampah yang mereka setorkan. Sampah tersebut di timbang dan di catat di buku rekening oleh petugas bank sampah. Dalam bank sampah, ada yang di sebut dengan tabungan sampah.
Hal ini adalah cara untuk menyulap sampah menjadi uang sekaligus menjaga kebersihan lingkungan dari sampah khususnya plastik sekaligus bisa dimanfaatkan kembali.

Inilah salah satu alternatif untuk memecahkan masalah sampah dan ikut berpartisipasi melestarikan lingkungan. Yang pada akhirnya berdampak baik untuk bumi ini. Sekecil apa pun yang kita lakukan untuk bumi ini, pasti akan berdampak besar bagi kelangsungan bumi itu sendiri.
@Imam

Related Posts

Apa Itu Sampah...????
4/ 5
Oleh

"KIM Arjuna Jatiarjo" Alamat: Kantor Kelurahan Jatiarjo Jl. Taman Safari Indonesia II Ds. Jatiarjo Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan Kode POS 67157 E-Mail: kimarjuna.jatiarjo@gmail.com web. http://kimarjunajatiarjo.blogspot.com