Friday 26 July 2019

MAHASISWA KKN UMM AJAK WARGA DESA JATIARJO SADAR NARKOBA



Beragam aktivitas mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 140 Universitas Muhammadiyah Malang di desa Jatiarjo, Kecamatan Prigen, kabupaten Pasuruan yang dimulai sejak tanggal 16 Juli-14 Agustus 2019,  memiliki beberapa program kerja inti yang salah satunya adalah Penyuluhan Narkotika Psikotropika dan Zat Adiktif (NAPZA) Dengan tema “Bersama Kita Sehat Tanpa Narkoba”.
Penyuluhan Napza tersebut berlangsung di Balai dusun Tegalkidul Desa Jatiarjo, bersama dengan Badan Narkotika Nasional Pasuruan, Rabu (24/07/2019).
Penyuluhan tersebut dihadiri oleh Billy Pradana selaku pemateri dari BNN Pasuruan. Selain itu dihadiri oleh Bachrul Ulum M. Pd. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), dan warga desa Jatiarjo mulai dari remaja hingga orang dewasa, dimana sasaran utamanya yaitu pemuda desa Jatiarjo.
Menurut Liswanto (warga desa Jatiarjo) penggunaan obat secara berlebihan sering ditemukan di desa tersebut. Untuk itu penyuluhan ini bertujuan menyadarkan warga desa Jatiarjo khususnya pemuda desa untuk sadar akan jenis-jenis dan bahaya narkoba.
Acara tersebut diawali dengan sambutan Ketua Pelaksana yakni Eksan Hidayat, dan dilanjutkan dengan sambutan Koordinator Desa Mohammad Galang Surya Negara, yang menyampaikan “penyuluhan Napza ini diharapkan mendapatkan respon positif dari warga untuk menambah pengetahuan dan lebih waspada terhadap narkoba dan sejenisnya”.
Menurut data dari BNN yang disampaikan oleh Billy, Pasuruan merupakan daerah peredaran narkoba yang cukup tinggi di Jawa Timur. Kegiatan ini juga telah di pikirkan oleh BNN untuk dilakukannya penyuluhan lebih lanjut di beberapa desa di Pasuruan mengingat peredaran yang tinggi atas penyalahgunaan narkoba atau oabat-obatan terlarang.
“BNN tidak memberantas obatnya melainkan yang diberantas adalah pengedar serta pengguna narkobanya”, lanjut Billy.
Selama acara berlangsung audience sangat antusias dengan materi yang disampaikan, karena itu sebelum acara berakhir diadakan tanya jawab dan diskusi bersama.
(Vina Biah)

Related Posts

MAHASISWA KKN UMM AJAK WARGA DESA JATIARJO SADAR NARKOBA
4/ 5
Oleh