Wednesday 10 October 2018

Membangun Sistem Informasi Desa


Menyusun Sistem Informasi Desa yang baik walau tidak sempurna emang tidak mudah, butuh energi yang besar, butuh puluhan relawan, butuh partisipasi ratusan warga Desa, butuh peran besar pak RT dan Pak RW, butuh tangan kuat Pak Kasun. bahkan butuh biaya yang sangat besar. 


Perjalanan proses penyusunan SID emang belum selesai, mungkin baru 50%. namun kami tidak akan pernah berhenti sebelum selesai. sudah hampir tiga bulan lamanya kami berjibaku, mulai dari assesment awal di beberapa Dusun, Database Collection, site sellection, penentuan Dusun terpilih, diskusi panjang dengan Pak Kasun, dan perangkat yang lain untuk menyamakan persepsi tentang SID dan pentingnya bagi Dusun. penyusunan silabus dan tahapan pemetaan, lalu dimulai sosialisasi dengan melibatkan tokoh dan RT/RW sedusun. dan dimulai pemetaan kasar, Pengukuran dan penentuan batas Dusun dengan pengambilan titik ordinat, pengambilan sket rumah sedusun, penomeran rumah sedusun, pengambilan titik ordinat fasum, digitasi rumah, fasum dll. dilanjutkan dengan survey sosial, ekonomi dll per KK, penghitungan kepemilikan lahan berbasis peta, penyusunan atribut, penyusunan Peta TD, Diskusi hasil temuan, FGD penyepakatan rencana berbasis data masinf masing atribute (23 atribut), sosialisasi dan diskusi dengan perangkat desa untuk inisiasi perdes, penyusunan perdes, pengesahan perdes dan Launching. semua semata agar Dusun memiliki Grand Desaign pembangunannya berbasis sosial dan berbasis tata ruang.
semoga kita semua sehat, dan semoga masih punya kertas buat mencatat. insya Alloh ini jariah kita bagi warga Desa Jatiarjo..

[admin Wisata Kopi]

Related Posts

Membangun Sistem Informasi Desa
4/ 5
Oleh

1 comments:

Tulis comments
avatar
24 March 2019 at 22:50

Mari segera bergabung dengan kami.....
di Ajopk.org..:)
segera di add black.berry pin 58CD292C.
WwW-AJopk.org/AJOQQ.GAMES | bonus rollingan 0,3% | bonus referral 20% | minimal deposit 15000

Reply