Thursday 24 May 2018

Tingkatkan Kualitas Blog KIM, Dinas Kominfo Gelar Pelatihan Fotografi Dan Vlog


Memaksimalkan kualitas blog yang dikelola Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) se-Kabupaten Pasuruan, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Pasuruan kembali menyelenggarakan kegiatan Pembinaan KIM dalam bentuk Pelatihan Jurnalistik Online secara berkelanjutanSeperti halnya yang dilaksanakan hari ini, Rabu (23/5/2018) di Graha Bina Praja, Gedung Serbaguna Pemerintah Kabupaten Pasuruan dengan materi teknik fotografi menggunakan gadget dan pembuatan video blog/ vlog.
Acara yang diikuti 46 pengelola blog KIM Desa yang tersebar di 24 Kecamatan dan empat lainnya dari Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) radio Suara Pasuruan dan internal Dinas Kominfo tersebut berlangsung sangat dinamis dan gayeng dengan menghadirkan dua narasumber. Masing-masing, Fotografer Suara City Guide, Anton Kusnanto dan vlogger sekaligus pengelola blog KIM Arjuna, Kecamatan Prigen, Imam Bukhori.  
Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan, Syaifudin Ahmad mengatakan, tujuan dari dilaksanakannya pelatihan fotografi dan vlog jurnalistik online yakni menjadikan seluruh KIM Kabupaten Pasuruan cakap dan terampil dalam memproduksi konten-konten jurnalistik, terutama dalam bentuk foto dan vlog. Sehingga mampu menghasilkan berita dan artikel, berikut foto dan vlog tematis ragam potensi Desa yang berkualitas di masing-masing blog-nya.
Syaifudin berharap, dari kegiatan pelatihan fotografi dan vlog tersebutsetiap KIM dapat mengeksplorasi potensi di masing-masing daerahnya. Seperti contoh, budaya lokal masing-masing daerah dengan tanpa menghilangkan ciri khasnya.
"Kami berharap dengan adanya pembinaan ini, KIM bisa menjadi ujung tombak diseminasi informasi bagi Pemkab Pasuruan di tingkat Desa yaitu dengan menggali kearifan lokal Desa masing-masing. Baik dalam bentuk berita atau artikel yang dilengkapi dengan foto dan vlog yang bagus-bagus di setiap blog-nya”, tandasnya.
Sementara itu, Kabid Komunikasi Publik, Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan, Tri Krisni Astuti optimis, KIM Kabupaten Pasuruan bisa tampil sebagai agen informasi di era millenials yang handal. Tentunya dengan berbekal ilmu jurnalistik yang telah diberikan oleh Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan secara intens selama ini.
“Walaupun bulan puasa, kita harus tetap semangat untuk melakukan pelatihan ini. Tapi tidak hanya disini, ditempat masing-masing juga harus diaplikasikan agar tidak sia-sia mendapatkan ilmunya,” pesannya.
Selama pembelajaran jurnalistik yang berlangsung selama kurang lebih 4 jam tersebut, para peserta tidak hanya dibekali secara materi saja, melainkan juga diminta untuk mempraktekkan secara langsung, baik hunting foto maupun membuat vlog. Berikut dengan menampilkan hasilnya di forum untuk kemudian dikupas oleh masing-masing narasumber. Penulis (Eka Maria)
Sumbar Berita http://pasuruankab.go.id

Related Posts

Tingkatkan Kualitas Blog KIM, Dinas Kominfo Gelar Pelatihan Fotografi Dan Vlog
4/ 5
Oleh