Membangun
keikutsertaan pelanggan dapat menjadi hal penting dalam strategi marketing.
Jika pelanggan merasa terlibat dalam merek Anda, maka mereka cenderung akan
percaya dan loyal. Namun sangat banyak hal untuk membangun strategi marketing yang tepat, dan lebih unggul dari yang dilakukan pesaing.
Setiap
hari ada ide-ide baru dari para pemasar dalam mempromosikan produk mereka. Jika
strategi promosi dan marketing ini benar, maka pesan yang ada didalamnya
akan dapat sampai ke pelanggan dengan baik, yakni untuk menarik pelanggan agar
mau membeli dan setia pada produk mereka. Berikut adalah delapan hal penting
untuk membuat strategi marketing dan promosi yang luar biasa:
1.
Fokus pada solusi
Inilah
apa yang benar-benar dicari pelanggan. Dan ketika ada permintaan, setengah dari
pekerjaan pemasaran Anda berhasil. Produk dan jasa yang memiliki permintaan
tinggi akan mendapat perhatian pertama dan lebih sering. Berikan target
pasar Anda apa yang mereka inginkan atau apa yang membuat mereka tertarik untuk
melihat. Tawarkan sesuatu yang seolah berteriak “Aku pemecah masalah” atau “Aku
solusi cepat”, dan pesan Anda itu akan mendapatkan perhatian.
2.
Bertujuan pada target pasar
Pemasaran
yang tidak mencapai target akan diklasifikasikan sebagai pemborosan,
tidak efisien atau junk (seperti dalam “junk mail“).
Kegiatan marketing yang mencapai target pasarnya tergolong
menarik, efektif dan sangat efisien. Kuncinya adalah untuk memberikan target
pasar Anda sesuatu yang menarik bagi mereka. Jika Anda seorang warga negara
yang sudah paruh baya tertarik pada musik klasik, berita singkat tentang rilis
musik terbaru dari band rock-and-roll terbaru tidak akan menarik –
sehingga warga negara tersebut bukanlah bagian dari target pasar
Anda.
3.
Gunakan judul dan sub judul
Buatlah
judul-judul ini (dan sub judul) provokatif, pemikiran yang memprovokasi,
ekstrim dan benar-benar tak terduga. Salah satu berita terbaik yang pernah saya
lihat – yang saya tahu mendapat banyak perhatian – adalah “Things the
Government Won’t Tell You About Terrorism.” Satu lagi yang menarik perhatian
yang sama adalah “7 Mistakes Banks Make Every Day.” Keduanya akan mendapatkan
perhatian dan membuat orang ingin membaca lebih lanjut.
4.
Memiliki pesan yang sangat jelas
Grafis
memang bisa menarik perhatian, tapi itu bukan satu-satunya alat untuk
mengkomunikasikan pesan Anda. Jangan biarkan pengunjung hanya melihat gambar
pada iklan itu! Pakar iklan terkenal, David Ogilvy pernah berkata, “Saya tidak
menganggap iklan sebagai hiburan atau sebuah bentuk seni tetapi sebagai media
informasi. Ketika saya menulis sebuah iklan, saya tidak ingin Anda sekedar
memberitahu tahu bahwa saya kreatif. Saya ingin Anda tertarik hingga Anda
membeli produk tersebut.” Anda tidak dapat membuat orang lain memperhatikan
pesan-pesan yang membosankan atau tidak jelas.
5.
Coba strategi marketing melalui pesan ekstrim
Kenyataannya
adalah, pemasaran ekstrim itu bekerja. Hal-hal negatif dan kesalahan justru
mendapatkan perhatian lebih dari masyarakat. Berikut adalah contoh judul atau
pesan yang mendapatkan perhatian karena sifat ekstrim mereka:
–
Bagaimana Cara Mengubur Perusahaan Dalam Satu Minggu
–
Bagaimana Cara Membuat Tenaga Penjualan 10 Persen Lebih Efisien
–
Bagaimana Cara Menumbuhkan Laba 0.005 %
Semua
judul ini mungkin akan menarik perhatian dan membuat Anda ingin membaca karena
sifat mereka yang ekstrem.
6.
Gunakan strategi promosi saling berkaitan
Ini
adalah cara lain untuk mendapatkan perhatian, terutama terjadi di kalangan content marketer saat
ini. Sederhananya, informasi yang ditawarkan sebagai insentif untuk kontak
baru. “Kaitan” ini menjadi prospek! atur pemasaran Anda untuk komunikasi lebih
lanjut. Berikut adalah beberapa contoh dari kaitan ini:
Hubungi
kami hari ini untuk perhitungan pinjaman pegadaian gratis.
Download
resep ebook gratis yang menggunakan rempah-rempah dan bumbu kami.
Mampir
hari ini untuk vas gratis untuk bunga di Hari Ibu.
Semua
keterkaitan ini menawarkan sesuatu yang bernilai untuk pelanggan potensial agar
tertarik. Mereka semua tidak hanya memberikan sepotong perhatiannya kepada Anda
tetapi akan meningkatkan respon terhadap Anda juga.
7.
Memanfaatkan benda, bentuk, dan ukuran yang tidak biasa
Hal
lain yang perlu dipertimbangkan ketika ingin produk Anda untuk bisa dikenal dan
diingat adalah menciptakan sesuatu dengan ukuran berbeda atau memiliki warna
berbeda atau tidak seperti format umumnya. Ini termasuk potongan surat, warna
atau pesan yang ekstrim, berbentuk aneh dan memilih waktu yang tidak biasa
untuk mendekati target pasar Anda, seperti berbicara tentang Natal di
musim semi. Carlsbad Brewery pernah menjatuhkan paspor palsu di sistem kereta
bawah tanah New York City untuk memberitahu target pasar mereka tentang
produk baru yang mereka luncurkan. Mencari paspor di kereta bawah tanah
benar-benar hal yang tak terduga; itu bukan sesuatu yang bisa Anda lihat setiap
hari sehingga pesan Carlsbad pun berhasil mendapat perhatian target
pasarnya.
8.
Jawab secara langsung “Apa untungnya bagi calon pelanggan?”
Holiday
Inn Express mengiklankan bahwa motel mereka memiliki ” showerhead nomor
satu berdasar penilaian pelanggan.” Pernahkah Anda diminta untuk menilai sebuah
shower? Holiday Inn menemukan ini penting untuk target pasar mereka dan
mengkomunikasikan pesan ini langsung kepada mereka. Anda dapat mendengarkan dan
membaca semua tentang fitur dari Holiday Inn Express, tapi mendengar tentang
nomor satu showerhead dari penilaian pelanggan ini adalah sesuatu yang
semua pengunjung inginkan. Apa manfaatnya bagi mereka? Shower yang
istimewa. Shower yang unggul mendapatkan perhatian.
Sukses dalam menjalankan bisnis tidak
lepas dari strategi marketing ataupun strategi promosi dari perusahaan.
Jika saat kegiatan marketing dan promosi saat ini masih belum membuahkan
hasil yang signifikan, Anda akan berada pada posisi sulit pada saat
berkompetisi dengan kompetitor Anda. Semoga 8 langkah di atas berguna dan dapat
membantu Anda memenangkan persaingan!
MARKETING STRATEGI WINNING SOLUTIONS
4/
5
Oleh
KIM ARJUNA JATIARJO